Home / Headline / Polsek Wara / Satbinmas

Senin, 19 Oktober 2020 - 12:52 WIB

Pastikan Protokol Kesehatan Dipatuhi, Bhabinkamtibmas Polsek Wara Sambangi Pasar

Tribratanewspolrespalopo.com – Bhabinkamtibmas Polsek Wara Polres Palopo tak henti-hentinya mengingatkan warga untuk mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus Covid-19, termasuk saat menyambangi pasar Sentral Palopo, disana ia menghimbau warga agar menggunakan masker, Senin (19/10/2020).

Sebagai bentuk upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid 19 terhadap pedagang dan pembeli di pasar Sentral Palopo khususnya Penjual Sayur, ikan, daging dan Buah.

Aiptu Arifuddin, SH menuturkan bahwa saat ini masih banyak pedagang di pasar Sentral Palopo yang tidak menggunakan masker dan sarung tangan sehingga rawan terjadi penularan virus covid 19.

“Maka kami lakukan himbauan kepada para pedagang agar tetap menggunakan masker dan sarung tangan untuk mengantisipasi penularan virus covid 19,” ungkapnya.

Himbauan memakai masker yang dilakukan Bhabinkamtibmas Polres Palopo merupakan salah satu langkah dalam mencegah penyebaran virus Covid-19 yang semakin meluas.

Dilansir dari Kompas.com, bahwa saat ini, berbagai negara di dunia telah melakukan langkah-langkah sebagai upaya menegakkan jarak fisik (Physical Distancing) ini untuk memperlambat penyebaran Covid-19.

Adapun upaya-upaya tersebut di antaranya adalah menghentikan pertemuan publik, menutup ruang-ruang publik, hingga, menutup sekolah, hingga memberlakukan penutupan total wilayah.

Isolasi diri merupakan bentuk dari social distancing, tetapi ada perbedaan penting dari keduanya. Isolasi diri dan karantina bertujuan untuk mencegah orang yang terinfeksi atau orang yang pernah melakukan kontak dengan mereka yang terinfeksi, untuk menularkan virus.

Sementara, social distancing atau physical distancing merupakan langkah yang lebih luas untuk menghentikan perkumpulan orang yang memungkinkan terjadinya penyebaran infeksi.

Ada alasan yang sangat baik tentang mengapa menjaga jarak menjadi strategi penting dalam mengontrol pandemi Covid-19.

Setiap orang yang terinfeksi virus ini diduga rata-rata menularkan kepada 2-3 orang lainnya dalam tahap awal wabah. Periode inkubasi, yaitu waktu antara infeksi dan gejala diperkirakan adalah sekitar 5 hingga 14 hari.

Jika seseorang terinfeksi dan tetap bersosialisasi seperti biasa, kemungkinan orang tersebut akan menurlarkan ke dua hingga tiga temannya yang kemudian akan menularkan kepada dua hingga tiga orang lainnya.

Sudah ada beberapa bukti yang menjelaskan bahwa tinggal di rumah dan menjaga jarak aman dengan orang lain dapat memperlambat penyebaran dan menghentikan efek domino ini.

Para ilmuwan telah menemukan adanya dua metode potensial untuk mengatasi pandemi ini dengan simulasi populasi di AS dan Inggris.

Pertama, mitigasi, difokuskan hanya pada isolasi mereka yang paling rentan dan mengarantina mereka yang menunjukkan gejala.

Kedua, penekanan, menyertakan semua orang di dalam populasi untuk menerapkan jarak fisik ini. Sementara, mereka yang menunjukkan gejala dan orang-orang di dalam rumah yang sama mengarantina diri sendiri di dalam rumah.

Share :

Baca Juga

Headline

Sosialisasi kan Protokol Kesehatan Dan Silaturahmi, Bhabinkamtimas Sambangi Warga Binaannya

Headline

Bhabikamtibmas Buntu Datu Ikuti Rakor Bahas Kamtibmas dan Protokol Kesehatan

Headline

Bentuk Empati Terhadap Warga Binaannya, Bripka Gunawan Ikut Dalam Proses Pemakaman Jenasah Dan Berikan Tauziah Singkat

Headline

Akpol 96 Luncurkan Buku ‘Berjuang di Sudut-sudut Tak Terliput’

Headline

Bhabinkamtibmas Polsek Wara Binluh Kamtibmas Dan Himbau Protokol Kesehatan

Headline

Bhabinkamtibmas Ammasangan Palopo Pantau Lokasi air tergenang karena curah hujan yang tinggi

Headline

Polres Palopo gelar Vaksinasi Kemerdekaan di 11 titik jelang hari kemerdekaan RI

Headline

Sambangi Warga Binaan, Bhabinkamtimas Kelurahan Kambo Sosialisasi kan Protokol Kesehatan